Lulusan SMK? Ini Nih Berbagai Bisnis Untuk Jurusan Multimedia
Bisnis Untuk Jurusan Multimedia

By ADMIN 24 Agu 2018, 20:47:35 WIBMM

Lulusan SMK? Ini Nih Berbagai Bisnis Untuk Jurusan Multimedia

Keterangan Gambar :


SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, merupakan sebuah sekolah yang mungkin kebanyakan orang meminatinya. Karena setelah lulus SMK, kamu dapat langsung bekerja, hal tersebut dapat kamu lakukan karena di SMK ini kamu mendapatkan berbagai macam materi yang digunakan untuk siap kerja.

Misalnya ketika kamu memilih jurusan Multimedia, maka kamu akan mendapatkan materi tentang Multimedia beserta langsung prakteknya (itulah yang dialami oleh penulis).

Nah mungkin kamu pun bertanya-tanya, “memang dijaman sekarang perusahaan mana yang mau nerima anak SMK? Perusahaan sekarang bukannya cuman nerima orang yang ada tittlenya (sarjanah)?” Mungkin, namun ternyata setelah saya pikir-pikir, anak SMK bisa kok bernisnis.

Pada artikel kali ini kita bakal membahas tentang berbagai Bisnis Untuk Jurusan Multimedia.

Apakah Susah Melakukan Bisnis Untuk Jurusan Multimedia?

Bisnis Untuk Jurusan Multimedia

Seperti yang saya katakan dari awal, bahwa memulai bisnis setelah lulus SMK merupakan hal yang mudah, dan tentunya itu semua tergantung kuasa Allah.

Dan percayalah, rejeki sudah diatur, tinggal kita yang mau berusaha atau tidak. Maka dari itu kita perlu memiliki ide kreatif untuk dapat memulai melakukan bisnis pasca lulus SMK.

Dan di artikel kali ini saya akan membantu kamu untuk mencari ide bisnis apa saja yang mungkin perlu kamu coba setelah kamu lulus SMK.

1. Bisnis Untuk Jurusan Multimedia

Nah, jurusan pertama yang akan saya bahas kali ini adalah jurusan Multimedia. Jurusan ini mungkin merupakan jurusa yang banyak diminati oleh para anak-anak remaja. Karena di jurusan ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, sementara para remaja sekarang sudah tertarik dan sudah mahir dalam menggunakan teknologi.

Nah lalu apa saja sih pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk anak lulusan Multimedia ini? Berikut adalah berbagai Bisnis Untuk Jurusan Multimedia

a. Menjadi Programmer

Bisnis Untuk Jurusan Multimedia yang pertama adalah menjadi programmer. Kita tau bahwa seorang programmer memiliki kemampuan yang mungkin unik dan jarang dimiliki oleh orang lain, sehingga mungkin wajar saja apabila seorang programmer dapat menghasilkan jutaan rupiah dari satu projectnya.

Nah kalau satu project dalam jutaan, mungkin kamu bisa sedekahkan sebagian untuk orang-orang yang tak mampu atau yang sedang tertimpa musibah di negeri Suriah atau Rohingya

Lalu apa bahasa pemrogramman yang dibahas di jurusan ini?

Mungkin beragam, namun yang saya tau yang paling menonjol di Multimedia adalah bagian web design, dan mungkin bahasa pemrograman yang dipelajari di bagian Multimedia adalah berbagai macam bahasa pemrograman web.

Sedangkan kita tau kebutuhan website di jaman sekarang sudah mulai meningkat, mulai dari blog, e-commerce/toko online, startup yang memiliki web-based, dan yang lain sebagainya, bahkan sekarang ojek pun bisa kita pesan lewat online.

Sehingga mungkin hal ini membuat jurusan Multimedia laris diminati oleh para remaja.

Oiya sebagai info, mungkin pihak guru jurusan tidak 100% memberikan materi tentang web design atau pemrograman, hal ini mungkin karena agar para siswa dapat belajar secara mandiri sehingga siswa memiliki karakter yang mandiri kedepannya.

Tenang, sekarang banyak kok website-website yang menyediakan berbagai macam tutorial pemrograman yang tentunya mungkin menyediakan berbagai bahasa pemrograman dan juga bahasa markup yang mungkin lengkap.

Lalu nanti sistem kerjanya gimana?

Tenang, intinya kamu harus doa dulu, kemudian action, lalu tawakal atau pasrah, nah kerjaan yang bisa kamu dapatkan dari ilmu programming adalah sebagai berikut:

Menjadi staff technical support di perusahaan teknologi,

Bekerja di sebuah perusahaan yang membutuhkan keahlian programming,

Membuat startup sendiri berdasarkan kreatifitas kamu dan ilmu programming kamu (contohnya Sintesa, atau yang lain.)

Membuat tutorial-tutorial pemrograman di blog atau website kamu, selanjutnya blog/website tersebut diberikan slot iklan bagi orang yang ingin mengiklankan situsnya atau produknya,

Membuat suatu karya atau aplikasi sendiri, kemudian jual di internet.

Dan tentunya masih banyak lagi peluang usaha yang dapat kamu praktekkan.

Baca juga : Peluang Bisnis Bagi Para Programmer

b. Menjadi Film Maker

Bisnis Untuk Jurusan Multimedia yang kedua adalah menjadi film maker. Kita tau sekarang industri perfilman sudah marak beredar di Indonesia, mungkin setiap tahunnya Indonesia dapat memproduksi film-film berkualitas yang banyak.

Namun begitulah, terkadang mungkin kita miris melihat industri perfilman Indonesia, yang saya maksud bukan ratingnya yang rendah, tidak, karena pada dasarnya walau rating rendah namun ternyata kualitas di dalamnya bagus, tentunya itu lain kasus ya.

Namun yang menjadi miris adalah ketika hal-hal vulgar dipertotonkan tanpa ada rasa malu sama sekali. Namun tenang, tidak semua industri memproduksi film-film dengan model seperti itu. Saya yakin apabila film-film yang bagus sudah mendominasi dan sudah menjadi mayoritas.

Pasti para industri film yang lainnya akan mengikuti jejak para mayoritas sehingga mereka berani untuk memproduksi film-film yang berkualitas. Kita doakan saja agar Indonesia dapat memproduksi film yang bagus dan berkualitas dan tentunya mendidik serta tidak menyalahi aturan agama dan negara.

Baik kita kembali ke topik.

Di jurusan Multimedia terdapat sub-jurusan yang mengarah ke ilmu perfilman. Nah kamu mungkin dapat mempelajari bagaimana caranya mengatur kamera, apa saja jenis-jenis kamera, cara mendapatkan angle yang pas, color grading yang memukau dan yang lain sebagainya.

Kamu dapat berlatih membuat film pendek terlebih dulu, nah untuk referensi kamu bisa mencari-cari film pendek yang tersebar di berbagai situs video sharing. Dan mulai carilah video pendek atau film pendek yang memiliki kualitas yang bagus, saran saya coba cari film religi, karena biasanya film religi itu bagus.

Lalu, pekerjaan apa saja yang bisa saya dapatkan ketika menjadi film maker?

Mungkin dalam hal ini saya bukan ahlinya, namun saya akan mencoba menjawab, sehingga kalau ada yang salah. Silahkan berkomentar untuk mengkoreksi apa saja yang salah di bagian ini.

Pekerjaan yang bisa kamu pick setelah lulus dan mendalami ilmu film, kamu selanjutnya bisa menjadi:

Sutradara,

Produser,

Melakukan syutting dakwah/pengajian,

Memproduksi film-film pendek kemudian menjualnya.

Itu sih yang saya tau, barangkali para pembaca sekalian yang ingin menambahkan, tentunya silahkan.

c. Menjadi Desainer

Bisnis Untuk Jurusan Multimedia yang ketiga adalah menjadi desainer, yang juga merupakan pilihan lain yang bisa kamu ambil setelah lulus SMK dari jurusan Multimedia.

Kamu mungkin sudah tau bahwa yang namanya Multimedia tentunya memiliki sub-jurusan desain. Sehingga setelah kamu lulus dari SMK yang mendalami ilmu desain kamu dapat membuat karya-karya yang dapat kamu jual.

Namun…

Yang perlu kamu ketahui sebelum menjadi seorang desainer adalah sebagai berikut:

Kamu harus hati-hati dalam memilih software, pilihlah software yang legal, atau dengan kata lain apabila kamu memilih software berbayar, maka usahakan beli lisensinya, jangan membajak software tersebut. Maka dari itu kalau kamu belum memiliki uang untuk membeli software berbayar, kamu bisa mencari software yang lisensinya freeware atau gratis.

Kamu juga harus perhatikan berbagai asset’s gambar yang kamu punya, apakah gambar tersebut memiliki hak cipta atau memperbolehkan untuk di gunakan secara komersial. Dan sekarang banyak kok situs-situs yang menyediakan berbagai macam stock atau assets gambar secara gratis untuk komersil.

Jangan menjiplak karya orang lain! Karena hal tersebut dapat berakibat fatal untukmu di hari kemudian, usahakan kamu membuat karya berdasarkan pemikiran kamu sendiri, itu lebih baik.

Kesimpulannya mungkin yang perlu kamu perhatikan adalah lisensi dari semua assets atau semua “senjata-senjata” yang kamu gunakan saat men-desain sehingga nantinya aman.

Lalu pekerjaan apa saja yang bisa saya dapatkan setelah mahir desain?

Kamu mungkin bisa mencicipi atau menekuni pekerjaan berikut:

Bekerja disebuah perusahaan yang membutuhkan orang yang berkemampuan desain,

Membuat sebuah logo perusahaan atau menjual logo tersebut,

Menjadi freelance desainer,

Membuat karya ilustrasi atau logo kemudian menjualnya,

Membuat tutorial desain di blog pribadi kemudian menyediakan slot iklan di blog tersebut

Dan yang lain sebagainya.

d. Menjadi Seorang Fotografer

Bisnis Untuk Jurusan Multimedia yang keempat adalah menjadi seorang fotografer, yang juga merupakan hal yang menyenangkan. Dan Alhamdulilah di jurusan Multimedia kamu dapat mencicipi pelajaran fotografi.

Namun tentunya menjadi seorang fotografi tidaklah mudah, kamu mungkin memerlukan modal yang cukup, misal membeli kamera, membeli lensa, dan membeli peralatan keperluan fotografi yang lainnya.

Namun saya sarankan, apabila ada alat/perlengkapan yang menurutmu kurang dibutuhkan, lebih baik jangan dibeli. Usahakan beli-lah alat atau perlengkapan fotografi yang dibutuhkan saja sehingga tidak mubazir.

Di pelajaran fotografi yang ada di jurusan Multimedia mungkin kamu akan mempelajari bagaimana caranya mendapatkan angle yang pas, mengatur ISO, diafragma, dan shutter speed yang bagus, kemudian mengenal berbagai macam jenis-jenis kamera serta lensa, dan yang lain sebagainya.

Lalu apa saja pekerjaan yang bisa saya ambil di fotografi ini?

Beberapa pekerjaan berikut mungkin dapat kamu cicipi setelah menjadi seorang fotografer.

Menjadi fotografer alam, dimana kamu memotret berbagai macam keindahan alam yang diciptakan oleh Allah,

Menjadi fotografer produk, dimana nantinya kamu bisa memotret produk-produk seperti makanan, minuman, buku, atau yang lain,

Menjual karya-karya kamu di internet,

Dan yang lain sebagainya.

e. Menjadi Seorang Desainer Rumah

Ini mungkin masih ada kaitannya dengan poin c (menjadi seorang desainer), namun yang satu ini lebih mengarah kepada sub-jurusan animasi. Karena mungkin di kelas 11 atau kelas 2, kamu akan mencicipi membuat sebuah desain interior dan eksterior menggunakan teknologi animasi 3 dimensi.

Nah menjadi seorang desainer rumah juga menurut saya menyenangkan, kita dapat menggunakan otak kanan kita untuk membuat desain rumah semenarik mungkin dan sekreatif mungkin, sehingga nantinya kamu dapat membuat para konsumen kamu puas dengan hasil karya kamu.

Software-software untuk membuat desain 3d pun ada. Dan tentunya ada yang berbayar dan ada yang gratisan. Nah untuk yang berbayar, seperti biasa kamu tentu harus memiliki lisensi resminya, ingat jangan membajak, beli softwarenya ya. Tapi apabila kamu belum memiliki uang untuk membeli lisensi software berbayar, kamu bisa menggunakan software yang gratis.

 

SUMBER : DARISINI



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • admin

    ini mas jadwal untuk kelas X http://bit.ly/2QII9gx ...

    View Article
  • MiftahulKhoerot

    Jadwal PTSGs X MM C 2018/2019 ...

    View Article
  • Digital Marketing Agency

    Internet jika tidak disikapi dengan bijak memang akan membawa hal atau dampak buruk ...

    View Article